Sabtu, 21 September 2013

Tahukah Kamu Makanan Basa lebih Sehat?


Konsep makanan sehat juga dilihat dari sifat asam atau basa makanan setelah dicerna. Arti asam atau basa bukan berarti makanan yang rasanya asam atau pahit tetapi lebih pada hasil pencernaan setelah makanan masuk tubuh.
Makanan asam adalah makanan yang didalam tubuh menghasilkan mineral asam dan menjadikan darah bersifat asam, kadar oksigen dalam darah rendah, darah pun cenderung menggumpal dan tekanan darah  meningkat. Contohnya telur, keju, daging, gula dan kopi. Sedangkan makanan basa akan membentuk mineral basa dalam tubuh, membuat peredaran darah lancar dan metabolisme berjalan dengan baik. Contoh makanan basa : jus buah, madu murni, kacang polong, kacang kedelai dan sayuran hijau.
Sebenarnya teori asam basa makan ini sudah diperkenalkan lama jauh sebelum konsep 4 sehat 5 sempurna, oleh Dr. William Howard Hay di Amerika tahun 1930 dan dikenal dengan istilah Hay Sistem Diet. Walau demikian bukan berarti kita harus berpantang makanan asam tapi dengan mengaturnya 80% basa dan 20% asam, dengan begitu PH darah terjaga tetap dalam kondisi netral. Pada pH netral fungsi metabolisme tubuh akan berjalan lancar. Cara paling mudah mengetahui makanan yang dimakan bersifat asam atau basa yakni dengan mengukur pH urin layaknya mengukur kehamilan dengan kertas lakmus. Urin ideal ber-pH 7-7,5. Atas dasar itu pada beberapa makanan seperti sate yang sangat bersifat asam dikombinasikan dengan irisan brambang yang bersifat basa, mengemas coklat (asam) dengan kacang almon atau mete(basa).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar