Sabtu, 21 September 2013

Tinggalkan konsep 4 Sehat 5 Sempurna

Slogan 4 sehat 5 sempurna, dengan pembagian porsi karbohidrat 6-11, sayur dan buah 2-3 porsi, susu dan turunannya 2-3 porsi dan daging 2-3 porsi, membuat tubuh rentan terhadap berbagai macam penyakit. karbohidrat dan sejenisnya akan memicu kenaikan gula dengan cepat dan akan segera turun kembali. Pada kondisi naik turunnya kadar gula yang cepat ini menyebabkan tubuh membentuk Advance glycosylation end products (AGEs).
Penumpukan AGEs akan memicu radikal bebas dalam tubuh, yang merusak struktur membran dan inti sel.. Sel tubuh sulit menyerap nutrisi dan kotoran dalam sel pun sulit keluar. Sel pun cepat tua dan mati sehingga muncul berbagai macam penyakit. Mulai dari penuaan dini hingga kanker.
Joel Fuhrman MD, ahli gizi Amerika menawarkan piramida makanan sehat sebagai pengganti menu 4 sehat 5 sempurna. Disesuaikan dengan desain organ pencernaan, manusia memiliki susunan geligi lebih banyak untuk mengunyah sayur, buah dan biji-bijian daripada daging.  Menu pengganti ini disusun dengan 6-10 porsi untuk sayur(30-60% kalori), buah-buahan 4-6 porsi(15-30% kalori), gandum atau  beras merah 2-4 porsi, kacang-kacangan 1-2 porsi. Susu rendah lemak tidak boleh melebihi 4 kali sebulan, telur tak melebihi 4 kali sebulan dan minyak atau gula tidak melebihi 4 kali sebulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar